Didik Jatmiko

Soto Klethuk Wisata Kuliner Khas Blora Jawa Tengah

11 Feb 2015 - 06:36 WIB

Kabupaten Blora merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Pada hari Sabtu, 31 Januari 2015 lalu Aku bersama sahabatku Sahid berangkat ke Blora dengan menggunakan sepeda motor Revo S6157DJ. Sekitar 1 jam, Kami pun tiba di Kabupaten Blora. Setelah melewati kawasan hutan, tak lama kemudian kami pun memasuki Kota Blora. Tujuan kami adalah Kantor BPR Mranggen Mitra Persada di Jalan Arumdalu No. 1 Blora untuk mengambil surat keterangan yang diperintahkan oleh kepala desa-ku.

Setelah tugas utama kuselesaikan, Aku pun searching di google tentang kuliner khas Blora. Saat itu, pilihanku tertuju pada Soto Klethuk walaupun sebenarnya yang paling terkenal di Blora adalah kuliner Sate Blora-nya. Aku pun bertanya kepada staf BPR tentang Soto Klethuk. Dia langsung menunjukkan lokasinya di Pasar Blora. Tapi di dekat sini juga ada di Warung Makan Pa’ Galo (bukan Galau) Jl. Gunung Sindoro 1 C Blora. Rasanya bagaimana Mbak? Kalau untuk itu sih tinggal selera masing - masing Mas. Setelah surat keterangan kudapatkan, Aku pun mengucapkan terima kasih dan berpamitan.

Mencari Jl. Gunung Sindoro 1 C Blora

KULINER BLORA : Lokasi Warung Pa' Galo Blora Jawa Tengah

KULINER BLORA : Lokasi Warung Pa’ Galo Blora Jawa Tengah

Sebagai blogger yang suka kuliner, tak lupa sebelum kembali kusempatkan untuk mencicipi kuliner khas yang dimiliki oleh daerah yang kudatangi. Seperti halnya, hari ini ketika Aku berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ini adalah kedua kalinya, Aku ke Blora Kota dengan menggunakan sepeda motor. Tapi kalau ke Kecamatan Cepu, Blora hampir sering karena sangat dekat dengan tempat tinggalku, kurang lebih sekitar lima belas menit saja.

Setelah tertuju pada pilihan “Soto Klethuk”. Aku pun mencari alamat yang diberi tahu oleh staf BPR Mranggen Mitra Persada tadi. Tak jauh ternyata, seperti yang disampaikan yakni di depan Kantor Pemkab Blora ada pertigaan itu masuk nyampai dech di Warung Makan Pa’ Galo Jl. Gunung Sindoro 1 C Blora (bersimpangan dengan Jl. Pemuda). Akhirnya, kami tiba di lokasi, setelah itu sepeda motor ku parkirkan. Kami langsung menuju tempat duduk dan memesan makanan yakni Soto Klethuk. Bertambah lagi daftar menu soto yang pernah ku makan. Setelah Soto Bojonegoro, Soto Lamongan dan Soto Banjar Kalimantan Selatan, selanjutnya Soto Klethuk Pa’ Galo Khas Blora, Jawa Tengah top banget…. !!

KULINER BLORA : Soto Klethuk Blora

KULINER BLORA : Soto Klethuk Blora

Mengapa Soto Klethuk Pa’ Galo? Pa’ Galo sebagai perintis awal soto klethuk di Blora sejak tahun 1997-an sehingga sesuai dengan namanya Warung Pa’ Galo. Tidak berbeda dengan soto ayam lainnya, seporsi Soto Klethuk Pa’ Galo terdiri dari nasi putih, irisan telur rebus, tauge, bihun, irisan daging ayam, kemudian disiram pakai kuah bening dan dimasukkan dalam satu mangkuk. Tak lupa juga ditambahkan dengan taburan bawang merah yang sudah digoreng dan semacam butiran - butiran kecil mirip kacang yang terbuat dari singkong atau disebut klethuk yang merupakan ciri khas soto ini.

Bicara tentang rasa soto Klethuk tidak jauh berbeda dengan soto ayam lainnya. Namun yang membedakan adalah klethuk yang sedap dan gurih campur menjadi satu. Selain Soto Klethuk, Warung Pa’ Galo juga menyediakan aneka menu seperti nasi gandul, rawon, asem - asem, pecel, sayur bayam, lodeh, nasi urap dan lontong sayur atau jangan. Warung Pa’ Galo buka sejak pukul 05.30 WIB sampai malam lho. Jadi, bagi sobat blogger dan teman - teman semua yang lewat atau sedang berkunjung ke Blora, jangan terlewatkan untuk menikmati sajian kuliner Soto Klethuk Pa’ Galo Khas Blora ini. Seporsi Soto Klethuk dibandrol dengan harga lumayan murah yakni sepuluh ribu rupiah. Selamat mencoba dan menikmati Soto Klethuk Khas Blora, Jawa Tengah. (@kakdidik13)


TAGS   Soto Klethuk Wisata Kuliner Khas Blora Jawa Tengah /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive