Didik Jatmiko

Deklarasi Anti Hoax Warga Desa Sedahkidul

4 Sep 2017 - 14:17 WIB

Sedahkidul (Bojonegoro) - Satu persatu agenda kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Republik Indonesia di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro telah dilaksanakan dan puncaknya diisi dengan kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Anti Hoax yang diprakarsai oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Potro.

Jalan Sehat dan Deklarasi Anti Hoax tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 03 September 2017 di Lapangan Tambakboyo Desa Sedahkidul dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kominfo Ngasiadji, Camat Purwosari Bayu Dono, dan perwakilan wartawan Bojonegoro Agus Sudarmojo.

Akhir-akhir ini berita hoax atau berita bohong mulai menyebar di kalangan masyarakat baik di kota ataupun di desa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, puncak peringatan HUT Ke-72 RI di Desa Sedahkidul dikemas dengan aksi penandatanganan “Deklarasi Anti Hoax” di atas banner yang telah disiapkan.

Camat Purwosari, Bojonegoro Bayudono Margajelita meminta warga di daerahnya bisa menguasai teknologi dan informasi karena sudah menjadi kebutuhan. Namun, kata dia, warga harus berhati-hati dalam memanfaatkan media sosial juga internet agar tidak masuk dalam ranah hukum. Ia mencontohkan salah seorang warga di Kecamatan Gayam, yang bertetangga dengan Kecamatan Purwosari, ditangkap polisi karena menulis di media sosial tanpa menggunakan etika.

“Kami minta warga dalam memanfaatkan media sosial jangan seenaknya. Manfaatkan untuk yang bermanfaat, seperti memasarkan produk industri dan potensi desa,” ucapnya.

Penandatanganan deklarasi anti “hoax” dilakukan di atas banner diawali Kepala Desa Sedahkidul M Choirul Huda, Bayudono Margajelita (Camat Purwosari), Ngasiaji (Sekdin Kominfo), Joko Suhermato (Kabid Informasi Publik Dinkominfo Bojonegoro) dan Agus Sudarmojo (perwakilan wartawan Bojonegoro), jajaran pengurus KIM Sendang Potro, saya sendiri @kakdidik13 blogger blogdetik, serta warga sekitar yang hadir di lokasi.

Adapun isi dari Deklarasi Anti Hoax sebagai berikut :

Kami Pemuda Pemudi Desa Sedahkidul menyatakan satu tekad untuk :

1. Santun dalam komunikasi di internet dan media sosial
2. Menolak berita hoax (berita bohong), fitnah, ujaran kebencian dan isu SARA
3. Tidak menyebarkan berita hoax.


TAGS   Deklarasi Anti Hoax Warga Desa Sedahkidul / Deklarasi Anti Hoax KIM Sendang Potro /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive