Didik Jatmiko

MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar melalui Kopi Darat

29 Oct 2016 - 19:49 WIB

Makassar - Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI sangat gencar menyasar seluruh elemen masyaraka salah satunya para penggiat media sosial dan blogger. Kegiatan sosialisasi kepada para penggiat media sosial seperti blogger di berbagai wilayah Indonesia ini sudah lama dilakukan MPR dengan maksud agar pemahaman tentang Empat Pilar MPR bisa sampai ke berbagai segmen masyarakat. Komunitas Blogger Makassar pun tidak luput menjadi target peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dalam program Netizen Gathering 2016.

Acara yang digelar di ruang Massamba 5, hotel Aryaduta, Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (29/10/2016) ini dihadiri Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono yang didaulat memberikan keynote speech sekaligus membawakan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR dan Kepala Bagian Pusat Data dan Sistem Informasi Biro Humas Setjen MPR RI Andrianto sebagai moderator, serta sekitar 100 blogger.

Kepada para blogger, Ma’ruf menjelaskan bahwa kegiatan Netizen Gathering 2016 tersebut adalah salah satu metode efektif Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Target peserta dari kalangan blogger, sangat efektif sebab blogger memiliki segmentasi komunitas yang sangat terbatas dan terfokus.

“Para blogger ini memiliki cara unik dan khas melalui tulisan-tulisannya mampu mendapatkan perhatian yang sangat besar dari publik. Saya harap juga begitu. Para blogger ini mampu memberikan pemahaman yang luas tentang Empat Pilar MPR RI kepada publiki,” katanya.

Diungkapkan Ma’ruf, para blogger kebanyakan masih sangat muda-muda usia sekolah menengah pertama atau menengah atas dan mahasiswa perguruan tinggi, tapi mampu menyampaikan pemikiran-pemikiran orisinil dan eksploratif di blognya masing-masing. Bayangkan, jika mereka masing-masing mampu membawakan pemahaman Empat Pilar MPR langsung ke ruang pribadi para pembaca blog.

“Saya harap para blogger mampu memberikan pemahaman soal Empat Pilar MPR ini dengan baik di lingkungan masing-masing. Tapi jangan hanya soal teori saja, blogger juga harus mampu membawakan Empat Pilar MPR ini dalam tataran aktualisasi dan implementasi, jadilan teladan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang pengurus Komunitas Blogger Makassar Andy Utari mengungkapkan bahwa sebagian besar aktifis blogger belum memahami soal lembaga MPR RI dan Empat Pilar MPR RI. Blogger biasanya membahas soal selebriti, produk atau brand produk tertentu. Membahas soal MPR dan Empat Pilar adalah tantangan buat mereka.

“Begitu kami undang untuk mengikuti sosialisasi, mereka serentak mencari baham bacaan yang berhubungan dengan MPR dan Empat Pilar MPR, kemudian mereka pelajari dan pahami. Intinya kami blogger sangat mengapresiasi lembaga MPR dan sosialisasi Empat Pilarnya yang sangat luar biasa.

Kami jadi merasa ‘ngeh’ bahwa kami kurang dalam memahami negara sendiri padahal kami kebanyakn generasi muda. Kegiatan MPR ini benar-benar membangunkan kami,” tutupnya. (der)

Sumber Informasi : Grup Alumni Netizen Gathering bareng MPR RI 2015


TAGS   MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar melalui Kopi Darat /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive