Didik Jatmiko

Meningkatkan Produksi Ikan Untuk Wujudkan GEMARIKAN di Bojonegoro

26 Sep 2016 - 15:35 WIB

Bojonegoro - Dalam rangka peningkatan konsumsi ikan di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro menggelar kegiatan bertajuk Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) 2016 di Lapangan Desa Malo Kecamatan Malo, pada Rabu (21/9/2016) kemarin. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Bupati Bojonegoro, selain Bupati juga hadir Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN), Anggota DPR RI serta Kepala SKPD dilingkup Pemkab Bojonegoro.

“Dinas Peternakan dan Perikanan berupaya meningkatkan jumlah benih ikan untuk disebarkan di embung, waduk, check dam dan rawa diseluruh wilayah kab. Bojonegoro. Sehingga ikan bisa ditangkap dan dikonsumsi oleh masyarakat Bojonegoro dan ikan bisa berkembang secara berkelanjutan.” Ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Ardiyono Purwanto, SH, M.Si.

Meningkatkan Produksi Ikan Untuk Wujudkan GEMARIKAN di Bojonegoro

Bupati Menekankan, dalam penebaran benih ikan jumlahnya harus jutaan. Sehingga selain di konsumsi ikan juga bisa dijual dan mengajak masyarakat untuk meninggalkan kebiasaan makan warisan, tapi berusaha memproduksi ikan sebanyak-banyaknya, sehingga bisa membuat kekayaan yang bisa dibagikan.

Sementara ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Mahfudhoh Suyoto menambahkan ada 3 hal yang membuat anak-anak dan masyarakat masih belum mengkonsumsi ikan. Pertama terbatasnya keuangan, yang kedua belum pahamnya masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan dan ketiga masyarakat mau membeli ikan, tetapi ikan yang akan dibeli tidak ada. Oleh karena itu, Dinas Peternakan dan Perikanan serta PKK harus mendampingi dan memberikan pembinaan kepada masyarakat tentang manfaat makan ikan dan cara membudidayakan ikan.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Lomba Masakan Menu Ikan yang diikuti 28 Peserta/kelompok dari TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro. Masing-masing peserta berkreasi menunjukkan bakat dalam membuat menu baru berbahan dasar ikan dan Kontes Lele, serta kuliner ikan khas Bojonegoro. (dik)


TAGS   Meningkatkan Produksi Ikan Untuk Wujudkan GEMARIKAN di Bojonegoro /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive