Didik Jatmiko

Sektor Wisata Bojonegoro Terus Berbenah

9 May 2016 - 15:08 WIB

Bojonegoro - Langkah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk menggiatkan sektor pariwisata dengan berbasis kerakyatakan yang bersumber pada sumber kekayaan alam dan potensi alam yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro rupanya tak setengah hati. Setelah beberapa waktu lalu melaunching Desa Wisata Geo Herritage Sumur minyak di Wonocolo Kecamatan Kedewan. Tak membuat pemerintah Kabupaten Bojonegoro berdiam diri justru sebaliknya mengerakkan seluruh sektor dan potensi untuk membangun sektor wisata yang handal. Seperti yang tampak hari ini, Senin (9/5) pagi tadi Bupati Bojonegoro Drs. H. Suyoto, Msi memimpin rapat Bojonegoro Tourism .

Bupati menjelaskan beberapa potensi wisata Bojonegoro yang harus digarap bulan ini antara lain Alun alun Bojonegoro, Objek wisata Kahyangan api dan Danderpark yang terletak di Kecamatan Dander, Wisata Agro Belimbing dan bendung gerak Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. Selain itu objek wisata Tubbing di Sumber mata air Grogolan Desa Ngunut Kecamatan Dander. Adapula wisata offroad Atas Angin Di Desa Sekar Kecamatan Sekar. Wisata lain adalah Geo heritage wonocolo, Desa Wisata Edukasi kerajinan gerabah yang terletak di Desa Rendeng Kecamatan Malo. Sementara untuk wisata buatan yang saat ini digarap adalah objek wisata Go Fun yang terletak di Kota Bojonegoro yang menjadi destinasi wisata keluarga di Bojonegoro.

Bupati saat memimpin rapat ini mengajak kepada seluruh SKPD dan pelaku usaha berbasis jasa di Bojonegoro untuk menjadi pengunjung yang kali pertama di Bojonegoro. Kang Yoto mengajak hadirin untuk memikirkan orang orang yang datang ke Bojonegoro,pertama adalah wisatawan yang datang dengan kendaraan umum semisal bis atau transportasi publik lainnya.jika mereka akan berkunjung harus berhenti dimana, dengan angkutan apa menuju lokasi wisata, berapa biaya dan dengan apa menjangkau lokasi wisata.

Kedua jika wisatawan dari luar yang menggunakan pesawat dan berhenti dibandara, bagaimana mengenal bojonegoro, wisatanya apa saja, dengan apa, makanan yang tersedia . Serta fasilitas lain yang menjadi hal penting yang harus disediakan. Bupati menjelaskan strategi mengembang kan sektor wisata. Harus didukung oleh beberapa hal antara lain manusia, management dan sarana .Namun dibalik itu Transformatif ini menjadi hal utama yang harus dipahami, bagaimana mengubah pola pikir dari seluruh masyarakat dan pelaku serta pemerintah. Bupati menegaskan alat pendukung seperti travel agent,hotel,rumah makan dll harus satu visi untuk mengenalkan dan memahami tentang potensi wisata di Bojonegoro. Destinasi wisata Bojonegoro tak sekedar jualan produk namun bagaimana menjual pengalaman,perasaan, sehingga menimbulkan kebahagiaan. Melihat hal ini maka langkah riil yang harus diambil adalah dengan melakukan beberapa tahapan yang pertama adalah Bulan ini adalah bulan pembenahan untuk beberapa sektor wisata di Bojonegoro.

Yang pertama adalah menemukan seluruh kekurangan dan masalahnya. Kedua Apa yang seharusnya ada dan yang tidak boleh ada. Ketiga adalah langkah apa yang dilakukan untuk mewujudkan harapan dan larangan bisa sesuai. Sedangkan keempat adalah adanya Peraturan apa yang bisa mendukung. Dalam minggu ini pula Bupati menginstruksikan seluruh SKPD terkait menyusun Kerangka Acuan Kerja sektor wisata di Bojonegoro. (dik)


TAGS   Sektor Wisata Bojonegoro Terus Berbenah /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive