Didik Jatmiko

Pentingkah Event Blogger Bagi Blogger Tanah Air?

30 Jan 2015 - 10:34 WIB

Blogger merupakan sebutan bagi orang yang memiliki akun blog di dunia maya. Menjadi blogger tentu banyak suka dan duka yang dialami. Suka karena sering menang lomba ngeblog atau give away, ikut event kopdar blogger , menjadi seleb blog bahkan mendapat jodoh juga karena ngeblog hehehe. Duka yang dialami blogger adalah ketika harus menghabiskan uang untuk membeli pulsa internet tanpa ada pemasukkan yang pasti dari ngeblog itu sendiri. Namun, itu tak menjadi masalah yang sangat mendalam bagi seorang blogger. Seperti kata pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”. Tentu banyak solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Duka yang sangat mendalam menurutku ketika apa yang ditulis blogger di copy paste oleh segelintir orang yang tak bertanggung jawab tanpa menyebutkan sumber dari mana tulisan tersebut. Terlepas dari suka dan duka itu, marilah kita menjadi blogger positif yang produktif menyajikan hasil karya kepada netizen. Berbagi itu indah !

Blogger Bicara Komunitas di Surabaya - Pentingkah Event Blogger Bagi Blogger Tanah Air

Blogger Bicara Komunitas di Surabaya bersama @blogdetik 2013

Sebagai blogger tentu bangga ketika dirinya telah mengikuti event blogger, baik yang berskala lokal, daerah, nasional bahkan internasional seperti Njungok Blogger Bojonegoro, Pesta Blogger, Kopdar Blogger Nusantara, ASEAN Blogger Festival Indonesia dan sebagainya. Aku mulai aktif ngeblog pada tahun 2011 dan pada saat itu Aku bergabung di Komunitas Blogger Bojonegoro. Sebuah komunitas blogger di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dengan taglinenya “Dari Bojonegoro Untuk Indonesia” (Selengkapnya di website resminya : www.bloggerbojonegoro.com). Awalnya Aku mengikuti pelatihan ngeblog yang diselenggarakan Blogger Bojonegoro di Perpustaakaan Daerah Kabupaten Bojonegoro. Aku tertarik dengan materi yang disampaikan. Aku memutuskan untuk bergabung dan mendaftar sebagai anggota Blogger Bojonegoro. Sejak resmi menjadi anggota, Aku mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas ini seperti Njungok, Blogger Bojonegoro Dari Ujung Ke Ujung, Blogger Bojonegoro Road To School, Sosialisasi Internet Sehat dan Aman dan sebagainya. Bersama komunitas ini, Aku juga berhasil mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang bernama TBM Sinom yang sekarang berpusat di Balai Desa Sedahkidul, Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro.

Event Blogger Internasional, pertama kali yang pernah ku ikuti adalah ASEAN Blogger Festival Indonesia tahun 2013 di Kota Solo, Jawa Tengah. Sebagai blogger newbie, Aku beruntung bisa menjadi peserta dalam kegiatan ini, apalagi skala-nya ASEAN (Selengkapnya baca di sini). Setelah itu pada tanggal Aku dan teman - teman Blogger Bojonegoro berangkat ke Surabaya untuk menghadiri kegiatan Festival TIK yang dipusatkan di JX Internasional Surabaya. Dalam kesempatan itu, Aku juga berkesempatan mengikuti kopdar blogger yang diselenggarakan oleh BLOGdetik yaitu Blogger Bicara Komunitas. Masih di tahun yang sama, Aku berkesempatan untuk mengikuti event blogger skala nasional yakni Kopdar Blogger Nusantara 2013 yang diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebetulan pada saat itu rombongan Blogger Bojonegoro membawa 1 unit bus dari Bojonegoro hingga Yogyakarta. Jadi, setelah kopdar #BN2013 sekalian berwisata bersama di Yogyakarta.

Pentingkah Event Blogger Bagi Blogger Tanah Air

AMD Bloggers Day di Jakarta 2014

Tanggal 30 Juli 2014, Aku bersama sahabatku @CFadheli berkesempatan untuk mengikuti kegiatan AMD Bloggers Day Teknologiku Inspirasiku yang diselenggarakan di Shangri-la Hotel, Ceria Ballroom Jakarta. Ini sekaligus pengalaman pertama naik pesawat terbang dari Surabaya menuju Jakarta. Di akhir tahun 2014 tepatnya tanggal 23-24 Desember 2014 bersama Blogger Bojonegoro menggelar kegiatan “Blogger Bojonegoro Dari Ujung Ke Ujung Edisi Kampung Nelayan” di Kecamatan Kanor yang juga dihadiri oleh Blogger Surabaya yang super keren yaitu Mbak Yuniari Nukti dan suaminya Mas Rinaldy.

Mengawali tahun 2015, Aku dan sahabatku @EdySupraEko berangkat menuju Kantor Transmedia Biro Surabaya untuk mengikuti kegiatan Sunday Sharing Surabaya yang pertama kali digelar di Kota Pahlawan. Rencana kegiatan seperti itu akan digelar 1 bulan sekali di Surabaya. Sebagai blogger blogdetik, mengikuti acara Sunday Sharing Surabaya yang pertama kali adalah merupakan kebanggan tersendiri. Walaupun harus mengeluarkan uang dari saku sendiri.

Sunday Sharing Surabaya 01 - Pentingkah Event Blogger Bagi Blogger Tanah Air

Sunday Sharing Surabaya 01 di Kantor Transmedia Biro Surabaya

Nah, menurutku event blogger bagi blogger sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat yang akan didapat oleh blogger yang mengikuti event blogger. Selain untuk ajang silaturahmi, event blogger juga bisa menjadi ajang berekspresi dan berkarya. Terlebih bagi blogger jomblo juga bisa sekalian mencari jodoh di sana. hehehe….

Harapan di tahun 2015, event blogger bisa terlaksana. Apapun itu namanya, baik Blognus 2015, Pesta Blogger 2015 yang penting ajang bergengsi skala nasional itu harus terlaksana. Baik itu terlaksana di Bojonegoro, Bandung, Semarang, Banjarmasin ataupun di daerah lain. Pentingkah Event Blogger Bagi Blogger Tanah Air? Menurutku sangat penting, karena blogger tanah air sudah haus dan rindu akan adanya ajang bergengsi tersebut. (@kakdidik13)


TAGS   Pentingkah Event Blogger Bagi Blogger Tanah Air? /


Comment
  • taktiktek 2 years ago

    ayo dukung acara blogger di Bojonegoro

  • Nurtanio Ramadhan 2 years ago

    ternyata mengikuti event bogger banyak manfaatnya juga ya :)
    keren fotonya kak didik

  • Dini Febia 2 years ago

    semoga keinginannya terkabul, aamiin. :)

  • Susindra 2 years ago

    Iya nih. kangen dengan event blogger nasional yang gratisan. Hihihi….
    Baca ini jadi ingat perpust daerahku. Jangan-jangan sudah pernah bikin pelatihan blog dan aku ga tahu nih. TFS ya….

  • Didik 2 years ago

    @MaschunSofwan : siap, semangat berkarya untuk Indonesia…

    Ruri : Do’akan semoga positif di Bojonegoro

    Blogger Borneo : Ayo bang buat event di Borneo…. Pengalaman 25 hari di Kalimantan Selatan sungguh luar biasa, banyak potensi yang harus dikembangkan di sana

  • Blogger Borneo 2 years ago

    Keren nih kisahnya, terkadang merasa iri aja sama kawan2 di Jakarta. Rata-rata selalu ada event blogger disana. Hhhmmm… :-)

  • Ruri 2 years ago

    Nanti kabar2i ya mas kalo BN 2015 jadi di Bojonegoro.. hehe. Semoga sy pas bisa ikutan. @RuriOnline

  • @MaschunSofwan 2 years ago

    event blogger sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat, meraih ilmu, sahabat dan rejeki pastinya, semangat terus mas didik :)

Author

Recent Post

Recent Comments

Archive