Didik Jatmiko

Tips Berkendara Nyaman & Aman Saat Hujan

25 Dec 2014 - 11:35 WIB

Hujan adalah anugerah, terutama bagi para petani. Karena di musim penghujan, para petani akan disibukkan dengan kegiatan di sawahnya. Mulai dari menyiapkan benih padi, mencangkul dan membajak sawah lalu ditanami dengan bibit padi yang telah siap untuk ditanam.

Tips Berkendara Nyaman & Aman Saat HujanBulan Desember ini, hujan sudah mulai turun beberapa kali di Bumi Angling Dharma Bojonegoro dan di beberapa kota di Indonesia. Jika musim hujan tiba, maka kalimat yang diucapkan oleh warga Bojonegoro adalah selamat datang banjir di Bojonegoro. Karena banjir sering melanda kawasan Bojonegoro terutama di kawasan di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo. Hujan tentu sangat mengganggu pengendara yang hendak bepergian dan menikmati perjalanan di jalan raya. Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang akan bepergian dengan sepeda motor ketika di musim penghujan :

Lihak Kondisi Sepeda Motor.

Satu bulan sekali, kondisi sepeda motor perlu diperiksa. Apakah kondisinya stabil atau perlu diservis ringan agar laju sepeda motor terasa nyaman dan tidak mengalami gangguan ketika di perjalanan. Jangan lupa oli juga selalu diperiksa, apakah perlu diganti. Selain itu lihat juga kondisi saringan olinya. Dan yang tak kalah penting, cek kondisi rem apakah permukaan kanvas rem menipis, jika menipis segera ganti yang baru. Perhatikan juga kondisi ban, jika melewati kondisi aman segera ganti dengan ban yang baru.

Perlengkapan STNK dan SIM serta Pahami Rambu - Rambu Lalu Lintas.

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) harus selalu dibawa ketika bepergian. Selain itu, agar diperjalanan aman jangan lupa untuk membawa Surat Ijin Mengemudi (SIM). Jadi, pada saat ada operasi zebra dari pihak kepolisian, Anda aman dan bisa melanjutkan perjalanan. Patuhilah rambu - rambu lalu lintas yang ada di jalan raya agar lalu lintas lancar dan nyaman.

Gunakan Helm SNI.

Sebelum menggunakan kendaraan bermotor, helm adalah perlengkapan yang harus dilengkapi dan helm yang digunakan harulah helm yang SNI. Ketika hujan, helm sangat bermanfaat untuk melindungi kepala dari air hujan. Gunakanlah helm yang alas kacanya terang (bukan gelap) agar ketika hujan pandangan terlihat jelas.

Bawa Jas Hujan.

Memasuki musim penghujan seperti ini, jangan lupa untuk jas hujan selalu dibawa agar ketika hujan bisa dipakai untuk melindungi barang bawaan dan badan kita dari air hujan. Tapi, jika hujannya terlalu deras, Aku sarankan untuk berhenti dan mencari tempat untuk berteduh tunggu hingga hujan reda baru lanjutkan perjalanan.

Cari Tempat Berteduh.

Jika kondisi hujan sangat lebat dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan, carilah tempat berteduh yang nyaman misalnya berteduh di warung kopi, sambil menunggu hujan reda sekalian menikmati secangkir kopi untuk menghangatkan tubuh kita.

Daftarkan Diri Anda ke Asuransi.

Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Asuransi berfungsi sebagai pengalihan risiko, pengumpulan dana dan premi yang seimbang. Fungsi skunder asuransi adalah untuk merangsang pertumbuhan usaha, mencegah kerugian, pengendalian kerugian, memiliki manfaat sosial dan sebagai tabungan. Jadi, sebelum berkedara alangkah baiknya Anda memiliki asuransi.

8 Layanan Luar Biasa Garda OtoJasa asuransi yang memiliki Layanan Luar Biasa, cocok untuk pilihan Anda adalah Garda Oto. Garda Oto memberikan 8 Layanan Luar Biasa yaitu Garda Siaga 24 Jam, Garda Akses, Garansi Pengecatan, Garansi Spare Parts Asli, Klaim Mudah, No Claim Bonus, Garda Q Repair, Syariah dan Konvensional. Garda Oto juga memiliki Garda Center yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain asuransi Garda Oto juga ada Garda Motor yaitu asuransi yang dikhusukan untuk pemilik kendaraan sepeda motor. Timbulkan kesadaran dalam berlalu lintas. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Semoga bermanfaat, blogger siap menjadi duta lalu lintas. (@kakdidik13)


TAGS   Tips Berkendara Nyaman & Aman Saat Hujan /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive