Didik Jatmiko

Gerakan Semangat Ngeblog Cah Bojonegoro (1)

25 Dec 2014 - 17:01 WIB

Mengisi kegiatan di akhir tahun 2014 ini, Komunitas Blogger Bojonegoro menggelar kegiatan yang bertajuk memahami Bojonegoro. Memahami di sini adalah memahami tentang potensi - potensi yang dimiliki oleh Bojonegoro. Kegiatan yang sudah beberapa kali digelar oleh Komunitas Blogger Bojonegoro ini diberi nama “Blogger Bojonegoro Dari Ujung ke Ujung Edisi Kampung Nelayan”. Setiap edisi berbeda -beda sesuai lokasi yang akan dikunjungi nantinya. Untuk “Blogger Bojonegoro Dari Ujung ke Ujung Edisi Kampung Nelayan” ini dipusatkan di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 23 - 24 Desember 2014. Selain bertajuk pada pengenalan potensi di Kecamatan Kanor yang selama ini dikenal sebagai daerah banjir, juga sebagai spirit cah Bojonegoro untuk Gerakan Semangat Ngeblog di Bojonegoro.

Gerakan Semangat Ngeblog Cah BojonegoroBlogger Bojonegoro Dari Ujung ke Ujung Edisi Kampung Nelayan ini diikuti oleh 12 orang yang terdiri dari dari 10 orang Blogger Bojonegoro dan 2 orang Blogger Surabaya. Adapun agenda kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan “Blogger Bojonegoro Dari Ujung ke Ujung Edisi Kampung Nelayan” ini adalah sebagai berikut :

Menuju Lokasi Kegiatan

Hujan mengguyur Bojonegoro sejak pukul 15.00 WIB sehingga jadwal keberangkatan menuju lokasi sedikit molor. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta. Setelah hujan mulai reda, sekitar pukul 17.25 WIB rombongan pun akhirnya berangkat menuju ke lokasi. keberangkatan dimulai dari Media Cener Bojonegoro. Di tengah perjalanan hujan turun dengan deras sehingga rombongan peserta berteduh untuk melindungi diri dari guyuran air hujan. Sekitar pukul 19.30 WIB, rombongan peserta tiba di lokasi kegiatan yaitu di Kantor Kecamatan kanor, Bojonegoro.

Sharing Semangat Ngeblog dan Kelas Menulis

Gerakan Semangat Ngeblog Cah Bojonegoro - Sharing Semangat Ngeblog dan Kelas MenulisSelesai menikmati hidangan makan malam yang telah disiapkan oleh Camat Kanor, Subiyono peserta pun ngopi bersama di warung yang terletak tidak jauh dari Kantor Kecamatan Kanor. Sambil menikmati kesunyian malam peserta menikmati suasana malam di Kanor. Selesai ngopi, peserta kembali ke lokasi. Lima belas menit kemudian, peserta njungok (baca : duduk) dan berkumpul membentuk lingkaran. Sebagai Ketua Blogger Bojonegoro Aku membuka acara. Sambil menikmati kwaci dan kacang, peserta saling berkenalan dan sharing tentang awal pertama kali ngeblog dan manfaat yang dirasakan selama ngeblog. Ada yang beda dalam kegiatan Blogger Bojonegoro Dari Ujung ke Ujung kali ini, pasalnya kegiatan ini dihadiri juga oleh blogger berpengalaman dari Kota Pahlawan “Surabaya” yaitu mbak Yuniari Nukti bersama suaminya Rinaldi. Mbak Yuniar mengatakan dalam ngeblog dibutuhkan yang namanya konsisten untuk mengisi blog. Setelah sharing peserta pun diberi tips dan kiat - kiat menulis dalam kelas menulis yang dibimbing oleh pembina Bloggger Bojonegoro Prawoto, S.Pd dan Agus Catur Winardi. Untuk meramaikan kegiatan di Kanor ini hastag yang digunakan adalah #nengKanor.

Berkunjung ke Pasar Kanor

Gerakan Semangat Ngeblog Cah Bojonegoro - Sarapan Nasi Pecel di Pasar KanorSuasana kedamaian pagi terasa di Kanor, sebuah Kecamatan yang terletah jauh dari keramaian jalan raya. Setelah mandi, seluruh peserta berjalan kaki menuju pasar yang terletak tidak jauh dari kantor Kecamatan. Pasar tradisional yang menjual aneka macam jenis kebutuhan pokok dan sebagainya. Orang menyebutnya Pasar Kanor. Di sini kami menikmati sarapan pagi dengan menu nasi pecel dan minumnya es cendol.

Menuju Balai Desa Kanor untuk Berbagi Semangat Ngeblog

Gerakan Semangat Ngeblog Cah Bojonegoro - Foto Bersama Camat Kanor SubiyonoPukul 09.15 WIB setelah foto bersama Camat Kanor Subiyono di halaman Kecamatan Kanor, peserta melanjutkan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor menuju ke Balai Desa Kanor. Kedatangan kami disambut dan diterima oleh Ibu Kepala Desa Kanor. Pertemuan pun dimulai dan dibuka oleh Camat Kanor Subiyono. Setelah itu acara dilimpahkan kepadaku. Sebagai Ketua Blogger Bojonegoro, Aku sekilas memperkenalkan keberadaan Komunitas Blogger Bojonegoro dan mengajak peserta untuk ngeblog dan mengenalkan potensi di Kecamatan Kanor kepada dunia. Kemudian acara diisi oleh Pembina Blogger Bojonegoro Prawoto,S.Pd yang memberikan materi tentang internet sehat dan aman. Lalu diisi oleh Yuniari Nukti dari Blogger Surabaya yang sharing tentang pengalaman ngeblognya selama ini. Acara ini dikemas dengan sistem tanya jawab. Dokter Vera dari Puskesmas Kanor mengatakan sangat berminat untuk ngeblog bahkan ingin memiliki blog. Menjawab hal tersebut, Prawoto menyampaikan Blogger Bojonegoro siap membimbing dan mengajari. Silahkan dibentuk 10 atau 15 orang untuk mengikuti pelatihan. Untuk masalah tempat pelatihan, Ibu bisa datang ke Media Center Bojonegoro yang berada di depan SMAN 4 Bojonegoro.

Gerakan Semangat Ngeblog Cah Bojonegoro - Berbagi Semangat Ngeblog dan Internet SehatUntuk diketahui, pertemuan ini diikuti oleh perwakilan dari 25 desa dari unsur Karang Taruna, Dokter dan Bidan Puskesmas, operator sekolah, serta ibu-ibu PKK Kecamatan Kanor. Acara ditutup dengan penyerahan souvernir dari mbak Yuniar Nukti kepada peserta yang ikut live tweet dan foto bersama. Bersambung…. ! (@kakdidik13)


TAGS   Gerakan Semangat Ngeblog Cah Bojonegoro (1) /


Comment
  • perangsang liquid 2 years ago

    ruwangan yang sangant bagus, pastinya nyaman di dalam nya

  • Titik Asa 2 years ago

    Salut dgn aktifitas teman-teman blogger Bojonegoro ini.
    Salam kenal Mas…

    Salam dari saya di Sukabumi,

  • joban 2 years ago

    hemm coba ni ada di daerah ane…..

  • tenun rangrang 2 years ago

    artikel yang bagus gan , salam sukses

  • Didik 2 years ago

    Nchie Hanie : Ayo teh mau ke Bojonegoro kapan? terima kasih teh…

    Maschun : siap, go #SemangatNgeblog

  • maschun 2 years ago

    Ka @didik salam semangat untuk blogger bojonegoro

  • nchie hanie 2 years ago

    Mau donk Nyempil di sana..

    selalu salut sama cah Bojonegoro :)

  • Didik 2 years ago

    Mdarulm : bisa diagendakan, kapan? katanya kamunya di Jakarta

  • Didik 2 years ago

    Asmarie : Amiin, kapan - kapan njungok bareng yuk !

  • mdarulm 2 years ago

    Dik, Mbok ayo ke desa klumpit yo dik…..

  • asmari 2 years ago

    keren! Menarik melihat pergerakan komunitas blogger kalian beberapa tahun terakhir.

    Sukses terus untuk semua

  • Didik 2 years ago

    Tetap semangat ngeblog… oke ! Salam kenal dariku @kakdidik13

  • udafanz 2 years ago

    Wah keren yah blogger Bojonegoro. Komunitas blogger di daerahku mati suri. Jadi iri :|

  • Didik 2 years ago

    Lely : Istimewa dan berkesan, tunggu episode berikutnya hehehe…

    Yuniari Nukti : Sama- sama mbak, kita dari Blogger Bojonegoro juga mengucapkan terima kasih yang sebesar -besarnya, karena mbak beserta suami berkenan mengikuti agenda kegiatan kami dan sharing tentang ilmu blogging kepada kami. Maaf tidak bisa memberikan yang lebih…. Ditunggu di acara selanjutnya….

    Mas Ivan : Terima kasih…. Blogger Bojonegoro Dari Ujung ke Ujung adalah cara kami memperkenalkan kota kami kepada khalayak umum…. suwun

  • Mas Ivan 2 years ago

    Lha ini, kegiatan menarkm yang perlu di contoh para blogger, buzzer dan penggiat sosmed dari ujung ke ujung.
    Cuman, sebuah PR lama yang harus di selesaikan segera termasuk daerah Magelang ; “perlu eksistensi ekstra biar pihak terkait mangayu bagyo ngengkuyung kegiatan apik yang telah terprogram”.
    Politik-politik….kenapa justru fokus mncari keuntungan semata menunda kemajuan bangsa. #Ehh… malah curhat pun tak semuanya seperti itu :)

  • Yuniari Nukti 2 years ago

    Acara yang menarik Kak Didik. Terima kasih ya sudah diajak blusukan dari desa ke desa. Wes pokoke seru poll :)

  • lely 2 years ago

    Istimewa…!!! :)

Author

Recent Post

Recent Comments

Archive