Didik Jatmiko

Enam Langkah Agar Semangat Ngeblog Terus Menyala

20 Dec 2014 - 09:39 WIB

Blog merupakan sarana untuk berbagi dan berkarya. Berbagi apa yang kita miliki dan berkarya untuk membangun negeri melalui aktivitas menulis atau blogging. Untuk memulai menulis di blog rasanya sangat berat, apalagi bagi yang belum terbiasa menulis. Namun, jangan hanya karena belum terbiasa menulis lantas menyurutkan niat kita untuk berkarya. Terus bagaimana dong caranya?

Enam Langkah Agar Semangat Ngeblog Terus MenyalaBerikut ini enam langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu :

Pertama, Tentukan Pilihan.

Penyedia layanan blog di internet sangat banyak baik yang berbayar atau yang gratis seperti blogspot, BLOGdetik, wordpress dan sebagainya. Bagi blogger pemula, pasti bingung harus pilih yang mana. Tapi nggak usah bingung, semua penyedia jasa blog sama yang terpenting adalah postingan yang akan diupdate di blog nanti. Aku sarankan untuk memilih BLOGdetik. Mengapa? Buktikan sendiri, dijamin setelah Anda ngeblog di BLOGdetik pasti Anda akan mendapat kepuasan tersendiri.

Kedua, Cintailah Blog.

Jika Anda sudah menentukan pilihan, langkah selanjutnya adalah mencintai blog yang Anda miliki. Mengapa harus cinta kepada blog yang Anda miliki? Karena cinta merupakan salah satu modal penting kita untuk ngeblog. Jika Anda sudah cinta terhadap blog, maka pasti akan ada usaha untuk bagaimana agar blog Anda selalu update. Seperti halnya, jika sedang mencintai sesorang, apapun pasti akan dilakukan agar seseorang yang dicintai merasa bahagia. Jika pilihan Anda ngeblog adalah BLOGdetik, tentu apapun akan Anda lakukan agar BLOGdetik Anda selalu update. Tapi, jangan copy paste ya !

Ketiga, Perbanyaklah Membaca Buku.

Dengan membaca buku, kosa kata yang ada di dalam otak semakin bertambah. Ide dan inspirasi pun banyak bermunculan, sehingga ide dan isnpirasi tersebut diwujudkan menjadi sebuah tulisan yang siap untuk diposting di blog Anda. Jangan biarkan ide dan inspirasi yang susah - sudah Anda ciptakan hanya tersimpan di dalam otak. Membaca buku tidak harus membeli buku, Anda bisa membaca dan meminjam buku di Perpustakaan, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan sebagainya. Tapi, jika Anda memiliki rejeki lebih bisa dibuat untuk membeli buku dan Anda bisa mendirikan perpustakaan pribadi di rumah.

Keempat, Mulailah untuk Menulis.

Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Apabila bersungguh - sungguh dan mau belajar, tentu yang tidak mungkin berubah menjadi mungkin. Tidak mungkin Anda bisa menulis, apabila Anda belum pernah untuk mencoba dan memulainya. Jadi, mulailah untuk menulis sekarang. Tulis apa yang Anda lihat, dengar dan rasakan. Buang pemikiran tentang : apakah tulisan akan dibaca orang atau tidak, yang terpenting Anda telah menulis sesuai dengan etika yang ada. Sambil terus memposting blog, jangan lupa untuk berbagi dengan blogger lain melalui aktifitas blogwalking.

Kelima, Berdiskusi dan Belajar kepada Blogger Profesional.

Berdiskusi dan belajar kepada blogger profesional sangat penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang dunia blogging yang telah lama digeluti oleh mereka. Diskusi bisa dilakukan lewat chatting di facebook, twitter dan sebagainya. Banyak sekali blogger profesional yang dapat dijadikan sebagai teman untuk curhat dan belajar, mereka adalah Kang Didno (Blogger Indramayu, Juara 1 Liga Blogger Indonesia Tahun 2014), Yuniari Nukti (dBlogger Surabaya), Nchie Hanie (Dewa SEO), Karel Anderson & Gajah Pesing (Admin BLOGdetik), Melly Feyadin (dBlogger), Asmarie (dotSemarang), Agus Mulyadi (Blogger Magelang, Penulis Buku Jomblo Tapi Hafal Pancasila) dan blogger profesional lainnya.

Keenam, Yakinlah !

Jika kelima langkah di atas sudah dilakukan, maka langkah yang terakhir adalah yakin. Yakin, jika Anda bisa menulis dan hebat seperti mereka. Yakin, tulisan Anda bermanfaat bagi pembaca setia blog Anda. Yakin, bahwa semangat Anda untuk ngeblog selalu berkobar dan menyala layaknya bara api abadi yang ada di muka bumi. Semoga bermanfaat, salam blogger Nusantara. (@kakdidik13)


TAGS   Enam Langkah Agar Semangat Ngeblog Terus Menyala /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive