Didik Jatmiko

Penutupan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2014

13 Dec 2014 - 23:44 WIB

Penutupan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2014Yogyakarta - Detik demi detik waktu berjalan begitu cepat. Tak terasa kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2014 hampir berakhir. Satu persatu agenda kegiatan pun telah dilewati dan dilaksanakan. Memasuki hari terakhir, peserta disibukkan dengan packing perlengkapan masing - masing. Bahkan peserta yang satu dengan peserta yang lain saling tukar cindera mata. Ada yang memberi gantungan kunci, gelang, minta tanda tangan di kaos, dan sebagainya. Aku pun diberi kenang - kenangan oleh Vinky Eska Aulia, dia berasal dari Provinsi DKI Jakarta. Kenang - kenangan yang dia berikan adalah berupa gantungan kunci berbentuk Monas. Tahu kan Monas? Pasti tahu kan? Aku pun memberi kenang - kenangan untuknya berupa batik Bojonegoro dengan motif buah salak berwarna merah.

Dalam penutupan nanti akan ditampilkan tarian kolosal oleh perwakilan dari masing - masing Provinsi. Untuk Provinsi Jawa Timur diwakili oleh Febri Cahyono dan Okky Yudistari S. Kostum yang digunakan oleh peserta pada saat penutupan adalah batik merah JPI yang diberi oleh panitia. Untuk pelaksanaan penutupan kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2014 dipusatkan di panggung terbuka Balet Ramayana.

Pukul 19.00 WIB, seluruh peserta dan pendamping Jambore Pemuda Indonesia (JPI) mulai memadati panggung terbuka Balet Ramayana. Tidak lama kemudian, acara pun dimulai dengan beberapa penampilan tari dan penampilan tari kolosal oleh perwakilan 34 Provinsi. Setelah itu, acara inti pun dimulai. Acara secara resmi ditutup oleh perwakilan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yaitu Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Alfitra Salamm.

Dalam sambutannya, Alfitra Salamm mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2014, khususnya kepada Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan seluruh pengurus Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Pusat dan Daerah. Di saat yang bersamaan, selesai sambutan Sesmenpora menyerahkan Pataka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) kepada perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, yang akan menjadi tuan rumah Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2015. Acara pun diakhiri dengan penampilan Sendratari Ramayana dan pesta kembang api.

Selesai penutupan, sebelum kembali ke tenda masing - masing. Peserta JPI dari Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan dan Sumatera Utara berkumpul menjadi satu sesuai dengan provinsi tujuan Bakti Pemuda Antar provinsi (BPAP). Setelah itu, setiap kelompok yang akan berangkat BPAP mendapat arahan dari perwakilan Dispora tiap Provinsi. Selesai pengarahan kami kembali ke tenda untuk beristirahat. (@kakdidik13)


TAGS   Penutupan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2014 /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive