Didik Jatmiko

3 Ide Untuk Perusahaan Listrik Negara (PLN)

13 Oct 2014 - 22:27 WIB

3 Ide Untuk Perusahaan Listrik Negara (PLN)Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkaitan dengan urusan kelistrikan di Indonesia. Dengan visinya “Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani” tentu PLN diakui sebagai perusahaan profesional yang mengoptimalkan layanan.

Aku Didik Jatmiko resmi terdaftar menjadi Pelanggan PLN tanggal 19 September 2014 dengan nomor member 86 0110 3543 2. Sebelumnya, bertahun - tahun aliran listrik di rumah orangtuaku didapatkan dari hasil nyalur dari rumah saudara yang berada di belakang rumah. Dari sekian warga yang tinggal di Desa Sedahkidul RT.004/RW.001 Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, orangtuaku dan dua tetanggaku belum pasang listrik. Dengan usaha yang sungguh - sungguh ku sisihkan uang, jika sudah cukup akan kugunakan untuk biaya pasang listrik. Alhamdulillah, akhirnya saat ini di rumahku telah memiliki listrik sendiri dan Aku tercatat sebagai pelanggan Listrik Pintar.

Kartu Listrik Pintar Didik JatmikoApa sih Listrik Pintar itu? Listrik Pintar merupakan inovasi terkini dari layanan PLN yang menjadikan pelanggan bisa mengelola sendiri penggunaan listriknya dengan cara membeli, memakai dan mengendalikan pemakaian STROOM (isi ulang energi listrik) sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pelanggan.

Seperti halnya pulsa isi ulang pada telepon seluler, maka pada sistem listrik pintar, pelanggan juga terlebih dahulu membeli pulsa (voucher/token listrik isi ulang) yang terdiri dari 20 digit nomor yang bisa diperoleh melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online.

Lalu, 20 digit nomor token tadi dimasukkan (diinput) ke dalam kWh Meter khusus yang disebut dengan Meter Prabayar (MPB) dengan bantuan keypad yang sudah tersedia di MPB. Nantinya, lewat layar yang ada di MPB akan tersajikan sejumlah informasi penting yang langsung bisa diketahui dan dibaca oleh pelanggan terkait dengan penggunaan listriknya, seperti :

  • Informasi jumlah energi listrik (kWH) yang dimasukkan (diinput).
  • Jumlah energi listrik (kWH)) yang sudah terpakai selama ini
  • Jumlah energi listrik yang sedang terpakai saat ini (real time).
  • Jumlah energi listrik yang masih tersisa.

Jika energi listrik yang tersimpan di MPB sudah hampir habis, maka MPB akan memberikan sinyal awal agar segera dilakukan pengisian ulang. Dengan demikian, pelanggan secara real time, setiap saat, kapan saja dapat mengetahui secara persis penggunaan listrik di rumah. Jadi, kendali penggunaan listrik sungguh ditangan anda !. (Sumber Referensi : http://www.pln.co.id/?p=47)

 width='300' height='300

Berbicara tentang IdeKU Untuk PLN, ada tiga hal yang ingin kusampaikan diblog-ku ini :

Pertama, Aku berharap dan bermimpi semoga daerah - daerah yang belum teraliri oleh arus listrik segera diperhatikan oleh Pemerintah dan beberapa pihak yang terlibat dalam masalah kelistrikan. Apalagi negeri ini sudah merdeka selama 69 tahun. Jadi perhatian untuk daerah pedalaman harus benar - benar diperhatikan secara khusus dan terpercaya. Agar mereka pun merasakan hal yang sama dengan warga yang lainnya.

Kedua, memasuki usia PLN yang ke-69 Aku ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun, semoga di usia yang ke-69 ini pelayanan bagi pelanggan semakin ditingkatkan dan PLN semakin sukses dalam mewujudkan program dan visinya. Semoga Corporate Social Responbility (CSR) PLN di berbagai bidang tepat pada sasaran dan dimanfaatkan sesuai dengan kebijakan. Ideku, pemuda lokal disekitar PLN perlu diberdayakan.

Ketiga, optimalisasi sosial media milik PLN harus ditingkatkan agar informasi - informasi terbaru dari PLN bisa diakses oleh seluruh pelanggan dan kebijakan - kebijan terbaru dari pihak PLN pun bisa dibaca oleh pelanggan.

Semoga tiga hal tersebut bisa memberikan sumbangsih pemikiran untuk turut mensukseskan visi PLN. Terakhir, utamakan 4 pilar utama PLN Bersih yaitu PITA ‘Partisipasi, Integritas, Transparansi, Akuntabilitas. Dari PLN untuk Indonesia yang lebih bersih. Saatnya beralih ke Listrik Pintar. Hemat Energi Selamatkan Bumi. Listrik untuk kehidupan yang lebih baik. (@kakdidik13)


TAGS   Tiga Ide Untuk Perusahaan Listrik Negara (PLN) / Selamat Ulang Tahun PLN Ke-69 / Listrik untuk kehidupan yang lebih baik / Hemat Energi Selamatkan Bumi /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive