Didik Jatmiko

Kenalkan Saka Telematika Kepada DKR Ngraho - Bojonegoro

7 Oct 2014 - 22:27 WIB

Kenalkan Saka Telematika Kepada DKR Ngraho - BojonegoroMinggu, 05 Oktober 2014 bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha 2014 ini, Aku dan sahabatku @EdySupraEko berkunjung ke markas Dewan Kerja Ranting (DKR) Gerakan Pramuka Ngraho Bojonegoro di SMK N Ngraho. Kami tiba di lokasi pukul 11.35 WIB. Maksud kedatanganku adalah untuk berbagi tentang Internet Sehat dan Internet Aman serta memperkenalkan Saka Telematika yang dirintis oleh Relawan TIK Indonesia.

Memang saat ini Satuan Karya (Saka) Telematika belum di sahkan secara Nasional. Namun, keberadaan Saka Telematika sangat dibutuhkan oleh Gerakan Pramuka untuk menampung anggota Gerakan Pramuka yang suka dengan dunia IT atau Teknologi. Saka Telematika merupakan sebuah satuan karya yang menjadi wadah bagi Pramuka dalam berekspresi dengan teknologi. Dengan terbentuknya Saka Telematika ini diharapkan bisa menjadi barometer pemanfaatan Teknologi Informatika Komunikasi di kalangan generasi penerus bangsa. Sehingga terbentuk Pramuka Indonesia Informatif.

Dalam Saka Telematika dibagi menjadi beberapa krida, yakni :

Logo Saka TelematikaKrida Telekomunikasi : mengenalkan pertelekomunikasian di Indonesia dengan harapan Pramuka Indonesia dapat lebih memahami konsep Telekomunikasi Indonesia meliputi sejarah telekomunikasi,jenis - jenis layanan telekomunikasi dan mekanisme teknologi telekomunikasi.

Krida Informatika : mengenalkan mekanisme berkomunikasi dalam penyampaian informasi baik secara online maupun offline dengan harapan terbentuk Pramuka Indonesia yang informatif sekaligus panutan bagi masyarakat muda Indonesia dalam memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi. Pemanfaatan Teknologi dalam berkomunikasi meliputi pemahaman teknologi dan feature internet, pemahaman sosial media untuk personal branding dan pengembangan bisnis.

Krida Media : Mengenalkan pemanfaatan Teknologi & Perangkat Media pada Pramuka Indonesia, diharapkan peserta akan bisa menampilkan liputan Informasi berkualitas memanfaatkan perangkat-perangkat pendukung yang dimiliki. Metode yang dikenalkan dalam krida media meliputi photography, video shoting, desain graphics, pengembangan aplikasi opensource dan android.

Krida Edutainment : Mengajak Pramuka Indonesia untuk memanfaatkan Media Informasi dan Komunikasi dengan positif, sehat dan aman. UNGGAH konten-konten SEHAT dan UNDUH konten-konten AMAN serta ikut aktif memberikan pembelajaran SEHAT berINTERNET pada masyarakat luas. Dalam krida edutainment ini juga dikenalkan pemanfaat konten edukasi, hiburan, bisnis dan roadshow edukasi.

Kenalkan Saka Telematika Kepada DKR Ngraho - Bojonegoro Jawa TimurSetelah pemaparan krida - krida Saka Telematika di atas, Aku pun memperkenalkan aplikasi Saka Telematika yang dirilis oleh Kak Mulyana dari Relawan TIK & Saka Telematika Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Semoga Saka Telematika segera disahkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Bersama Saka Telematika kita bentuk generasi Pramuka Informatif. Acara pun ditutup dengan foto bersama. (@kakdidik13)


TAGS   Kenalkan Saka Telematika Kepada DKR Ngraho - Bojonegoro / Krida Saka Telematika / Saka Telematika Bojonegoro /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive