Didik Jatmiko

Bojonegoro Bangun ‘Komunitas Cerdas’

8 Jan 2014 - 10:46 WIB

Bojonegoro Bangun Komunitas CerdasDuwel adalah salah satu desa penghasil bawang merah yang berada di Bojonegoro, letaknya berada di kecamatan Kedungadem. Desa ini memiliki 200 hektar areal yang ditanami bawang merah dengan hasil produksi antara 8 sampai 10 ton setiap hektar. Untuk tanaman bawang merah di Kecamatan Kedungadem total luasan areal mencapai 700 sampai dengan 1000 hektar. Sehingga mereka optimis dapat memberikan sumbangan kebutuhan bawang merah Nasional. Harapan itu bukanlah suatu hal yang muluk muluk dan petani bawang merah di Desa Duwel akan melakukan upaya peningkatan produksi tanaman ini. hal tersebut diungkapkan oleh kepala desa duwel pada saat panen bawang merah dan launching cyber extension.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan berbagai upaya dalam memaksimalkan Bojonegoro menjadi lumbung pangan, salah satunya dengan memperkenalkan cyber extension Institut Pertanian Bogor untuk para petani di Bojonegoro agar para petani nantinya dapat lebih cerdas dalam menciptkan hal-hal yang inovatif di sektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan.cyber extension adalah penyuluhan berbasis teknologi/internet. dimana petani sebagai komunitas bisa mempertanyakan masalah masalah yang dihadapi, dan dijawab oleh para pakar yang berkompeten di bidangnya. dan dapat pula dijadikan sarana untuk proses pembelajaran. Ini adalah kolaborasi yang di lakukan pemerintah dengan stakeholder untuk percepatan produksi dan wujudkan kemandirian pangan di Bojonegoro, yakni dengan Institut Pertanian Bogor dan PT. Telkom.

Kang Yoto Mengatakan, banyak hal yang harus diperbaiki untuk membuat masyarakat Bojonegoro sejahtera dari lumbung pangan, diantaranya fator-faktor seperti : pembibitan, pemupukan, pola tanam, dan penanganan pasca panen. Seperti untuk bawang merah, misalnya. Karena bawang merah adalah harapan hidup warga Duwel kecamatan Kedungadem dan masyarakat Bojonegoro khususnya. Sementara saat ini, produksi bawang merah dari petani bawang di Duwel Kedungadem sudah menjadi konsumsi Indonesia, bahkan wilayah-wilayah sekitarnya pun membutuhkan bawang merah dari area ini.

Selain bawang merah, Kang Yoto juga menaruh perhatian besar pada hasil ternak, diantaranya adalah pembibitan sapi potong yang ada di desa Napis, kecamatan Tambakrejo. yang terkenal sebagai area pembibitan sapi nya dan Agrowisata kebun belimbing Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. (Humas/Atk)


TAGS   Dari Bojonegoro untuk Indonesia /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive