Didik Jatmiko

Personal Branding, Seperti Apa?

10 Dec 2013 - 18:36 WIB

Personal Branding - Semua Punya
Personal branding sangat diperlukan oleh setiap manusia. Mengapa ? Karena personal branding merupakan konsep abadi yang melekat pada diri Anda. Bagaimana Anda harus menjual diri dalam beragam situasi dan kondisi, dari mulai mencoba membuat atasan Anda terkesan dengan diri Anda sehingga proyek - proyek yang ada dapat dipercayakan pada diri Anda, atau bagaimana Anda dapat meyakinkan teman agar setuju menonton film yang Anda inginkan. Dari pakaian yang Anda kenakan, bagaimana Anda berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain, bahasa tubuh Anda, semuanya terikat dalam personal brand diri Anda. Jika Anda mempunyai personal brand yang baik dan berkualitas, maka ada barang ada uang. Anda pun dapat menuntut harga lebih atas brand yang Anda miliki. Ketika Anda membeli minuman bersoda, saya yakin Anda memilih Coca Cola walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan produk serupa bermerek lain yang jauh lebih murah.

Mengapa Personal Brand penting dan bagaimana cara membentuknya? Berbagai perusahaan baik dalam ataupun luar selalu ingin bekerja sama dan mencari orang-orang dengan track record personal brand yang sukses. Keuntungan lainnya adalah jika Anda gagal dalam berbisnis dengan reputasi yang dimiliki, Anda pun tidak harus memulainya dari awal. Makin banyak dikenal maka Anda akan semakin kuat, karena pengusaha yang sukses harus membangun jaringan yang besar dengan membangkitkan perhatian media dan investor. Apakah Anda seorang konsultan, mahasiswa, karyawan ataupun pengusaha, personal brand sangatlah penting, karena itu adalah reputasi Anda, kekuatan Anda. Bangunlah personal brand Anda sekarang juga, karena jika Anda tidak membangun brand diri Anda, orang lain yang akan membangunnya.

Berikut ini cara membentuk Personal Branding :
  1. Sarana pembentukan citra diri : Personal Brand sebenarnya telah terbentuk secara alami, sejak kita mulai bersosialisasi. Namun, personal brand secara khusus perlu dibentuk untuk mempersiapkan diri menghadapi pada dunia kerja karena pencitraan seperti ini baik untuk menampilkan kualitas personal yang menjanjikan bagi perusahaan tempat Anda bekerja kelak. Maka, Anda selayaknya sudah memiliki Personal Brand yang baik sejak masa mencari pekerjaan.
  2. Lakukan dengan hal-hal kecil : Beberapa hal ini mungkin terdengar sederhana bagi Anda namun sangat berarti bagi pihak perusahaan. Saat wawancara kerja, pastikan penampilan dan jawaban-jawaban Anda menunjukkan kualitas Anda. Kemudian, meski pewawancara telah memiliki resume Anda, siapkanlah kartu nama dan berikan padanya saat wawancara berakhir. Tidak lolos tahap wawancara kerja? Berikan kesan terbaik Anda dengan mengirimkan ucapan ‘terima kasih’ karena telah diberikan kesempatan untuk menjalani proses rekrutmen di perusahaan itu. Pihak perusahaan akan sangat menghargai kesantunan seperti ini.
  3. Manfaatkan jejaring sosial : Senang bermedia sosial, seperti Facebook atau Twitter ? Gunakan jejaring sosial dunia maya ini secara profesional dan bijak. Jadikan 160 karakter deskripsi diri dalam Twitter menggambarkan diri Anda yang berkualitas, dan tuliskan keterangan pengalaman kerja dengan konsisten antara profil di Facebook. Jadi, selain untuk menjalin pertemanan, manfaatkan jejaring sosial untuk mempermudah “promosi” diri karena Anda tak pernah tahu jika calon pimpinan sebenarnya juga mencari profil Anda di media sosial saat Anda pikir ia tidak akan melakukannya. (@kakdidik13)
Nah bagi sobat yang pengen kenal dengan ku, langsung saja klik disini





TAGS   Personal Branding / Seperti Apa? /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive